.: best viewed with mozilla firefox :.
.: Dapatkan Paket Lengkap Persiapan Tes CPNS Hanya di Sini!!! :. .: Diskon 20% untuk semua Produk selama Ramadhan :.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) bukanlah bentuk lain dari Tes Kepribadian ataupun Tes Psikotes yang ada. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah penamaan yang dipakai pada Tes Kepribadian CPNS. Pada Tes CPNS penyebutan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) hanya dipakai pada proses penilaian dan ketentuan-ketentuan lain dalam proses Tes CPNS sedangkan pada naskah soal masih disebut (ditulis) dengan Tes Kepribadian.
Dalam proses Seleksi/Tes CPNS, Tes Kepribadian juga bukanlah sesuatu yang baru akan tetapi selama ini Tes Kepribadian menggunakan ‘nama’ yang berbeda mulai dari Tes Psikologi Lanjutan sampai Tes Skala Kematangan. Sebagian dari Anda mungkin bertanya, apakah materi Tes Kepribadian yang ada sekarang berbeda dengan Tes Skala Kematangan pada soal Tes CPNS tahun-tahun sebelumnya? Jawabanya, TIDAK.
Tes Skala Kematangan adalah bagian atau salah satu bentuk dari Tes Kepribadian, yaitu Tes Kepribadian yang berfungsi untuk mendeteksi tingkat kematangan peserta tes, yang mencakup : kemampuan beradaptasi; pengendalian diri; semangat berprestasi; integritas dan inisiatif (jenis-jenis Tes Kepribadian klik di sini)
Sesuai dangan ketentuan Badan Kepagawaian Negara (BKN), Tes Kempetensi Dasar (TKD) CPNS bertujuan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif. Maka Tes kepribadian yang digunakan dalam Tes Karakteristik Pribadi CPNS adalah Tes Skala Kematangan itu sendiri dengan ‘nama’ yang berbeda yaitu ‘Tes Karakteristik Pribadi’.

|