Tes Kepribadian CPNS

Tes Kepribadian adalah sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian seseorang dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi. Secara garis besar Tes Kepribadian dibagi menjadi dua, yaitu Tes Kepribadian Grafis dan Tes Kepribadian Kuesioner.

Tes Kepribadian Grafik adalah Tes Kepribadian yang menggunakan media grafis (gambar), dalam tes kepribadian ini karakter dan kepribadian seseorang dinilai dari gambar yang dibuatnya. Yang termasuk dalam kategori Tes Kepribadian Grafis ini adalah Tes Wartegg, Tes DAP (Draw A Person), Tes Baum Tree dan Tes HTP (House Tree Person).

Tes Kepribadian Kuesioner adalah Tes Kepribadian yang menggunakan media kuesioner dalam proses penilaiannya, dalam Tes Kepribadian ini karakter dan kepribadian seseorang dinilai berdasarkan jawaban- jawabannya terhadap sejumlah soal yang diberikan kepadanya. Yang termasuk dalam kategori Tes Kepribadian ini adalah Tes Efektifitas Diri, Tes Enneagram, Tes EPPS, Tes MBTI, Tes Ketelitian, Tes MAPP, Tes Koran Pauli, Tes Skala Kematangan (TSK), Tes Kerjasama dan Tes Kecenderungan Sukses.

Pada soal tes cpns, Tes Kepribadian ini merupakan bagian dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi. Sesuai dengan maksud dan tujuan dari Tes Kempetensi Dasar CPNS yaitu untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif. Maka Tes kepribadian yang digunakan dalam Tes Karakteristik Pribadi CPNS adalah Tes Skala Kematangan.

Tes skala kematangan adalah instrument yang dirancang untuk mendeteksi tingkat kematangan peserta tes, yang mencakup : kemampuan beradaptasi; pengendalian diri; semangat berprestasi; integritas dan inisiatif.

a pen blog
a Pen Blog Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top