Seginim 05

Seginim adalah sebuah kecamatan di Bengkulu Selatan propinsi Bengkulu. Kata Seginim diambil dari kata Durian Seginim, konon katanya, kata ini diambil dari kata Durian Seginam (durian segi enam). Durian Seginim sampai sekarang masih dipakai sebagai nama salah satu desa di kecamatan Seginim.

Nama Seginim cukup dikenal untuk skala kabupaten Bengkulu Selatan atau pun provinsi Bengkulu, terutama dari hasil pertaniannya, misalnya beras dan jeruk. Entah mungkin karena sudah lama tidak ke Seginim atau ke Bengkulu, nama Seginim sepertinya hilang. Atau mungkin Seginim sedang mempersiapkan sesuatu sebagai kejutan untuk kembali memunculkan/mengangkat nama nya. Itulah mungkin yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Seginim.

Pertengahan tahun 2005, secara tak sengaja berjalan-jalan di kecamatan Seginim, ada banyak perubahan di sana, ada yang seharusnya terjadi dan ada yang seharusnya tidak terjadi. Menyaksikan saluran irigasi, yang di tahun 80 an mempunyai aliran air yang sangat deras, terlihat seperti enggan mengalirkan airnya lagi. Entah apa, mungkinkah debit sungai sebagai sumber air bagi irigasi tersebut sudah tidak peduli lagi ataukah pemerintah setempat yang sudah tidak memperhatikannya lagi. Sehingga saluran irigasi itu menjadi sangat dangkal dan dinding-dindingnya pun sudah banyak yang berpulang ke alamnya. Entah …. Itulah kata yang dipakai oleh Iwan Fals dalam salah satu judul lagunya.

Seperti halnya hasil alam dan hasil pertaniannya, sebenarnya Seginim mempunyai sumber daya manusia yang tangguh yang berani diuji di kancah nasional atau bahkan mungkin internasional. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah hasil pemilu yang dipilih oleh rakyat sebagai wakil masyarakat Seginim, adalah figur-figur sumber daya manusia Seginim yang handal, semuanya adalah warga asli Seginim, hanya saja kebanyakkan dari mereka sudah tidak tinggal lagi di kecamatan Seginim. Tapi mungkinkah karena mereka sudah tidak tinggal lagi di Seginim, mereka lupa akan daerahnya, mereka tidak tahu kalau mata pencahrian atau pekerjaan dari masyarakat Seginim adalah bertani yang sangat membutuhkan irigasi. Sekali lagi, Entah ….

Posting ini sengaja dibuat untuk memperbanyak hidangan google ketika kita memesan kata Seginim, tidak terbatas wikipidia saja, dan kepada warga/masyarakat Seginim yang secara sengaja atau tidak sengaja keinjak blog ini, dimohon untuk membagi beritanya tentang Seginim, untuk kembali diposting di sini, sebelumnya terima kasih.

a pen blog
a Pen Blog Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top