Lima Kiat Gali Kreativitas

Bila Anda tak ingin tertinggal di tengah tuntutan kerja yang tinggi, bekerja lebih produktif saja tidak cukup. Anda juga dituntut untuk kreatif.

Kreativitas merupakan kemampuan aktif untuk mencari dan mengembangkan ide atau gagasan. Menurut Adi Wijaksana, Psi, konsultan manajemen mutu dari PQM, kreativitas memiliki arti yang sangat luas. Tidak hanya sebatas menciptakan sesuatu yang baru, tapi juga keterampilan untuk menyelesaikan masalah.

Sebenarnya setiap orang bisa jadi insan yang kreatif bila memiliki sikap sebagai berikut; selalu ingin tahu, melihat masalah sebagai sebuah tantangan, mau menghadapi tantangan, peduli pada hal yang tidak normal dan termotivasi untuk menyelesaikannya, optimis,dan punya imajinasi yang luas, termasuk bisa membayangkan masalah dengan berbagai solusi.

Lantas, bagaimana cara menggali kreativitas? Menurut Adi, ada lima kiat untuk menemukan ide-ide segar dan orisinil.

* Pertama, kenali dulu kebutuhan atau masalah yang ingin diselesaikan. Misalnya bagaimana cara menarik klien untuk memasang iklan.

* Kedua, berpikirlah dengan bebas, cari solusi dengan cara yang tidak sebagaimana mestinya untuk menghasilkan terobosan baru.

* Ketiga, masa inkubasi. Tidak perlu langsung mengambil keputusan, namun pikirkan hal lain agar masalah mengendap dalam pikiran. Konsentrasi yang dibarengi relaksasi adalah kunci dari teknik kreatif. Pada tahap ini, luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang sifatnya menyenangkan hati.

* Keempat, temukan solusi. Biasanya solusi sering muncul secara mendadak saat Anda sedang melakukan kegiatan lain, misalnya saat ngemil atau ngobrol. Solusi juga bisa muncul dari berbagai alternatif yang sudah dikeluarkan.

* Terakhir, lakukan evaluasi. Pilih solusi yang paling signifikan untuk dilakukan, berdasarkan beberapa kriteria, misalnya biaya, kemudahan, waktu, dan sebagainya.

a pen blog
a Pen Blog Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top