Hi, guest ! welcome to apen blog!. | About Us | Contact | Register | Sign In

Google Translate Manjakan Indonesia

Sebagai orang Dusun yang “Keras Lidah” terus terang ini adalah layanan online yang sangat saya tunggu-tunggu selama bertahun-tahun, mungkin juga oleh banyak pihak yang tentunya “menyerupai” saya.

Layanan ini baru muncul beberapa hari lalu dalam bentuk beta. Sulit menerangkan betapa bahagianya saya menyaksikan layanan baru ini, layanan translate (penterjemahan) dari Bahasa Indonesia ke bahasa lain yang disediakan Google Inc. Walau masih dalam tahap beta (percobaan), namun layanan ini sudah sangat menjanjikan dan menyediakan berbagai fitur layanan yang sangat baik. Walaupun memang hasil terjemahannya masih “menyerupai” terjemahan saya selama ini, tapi saya tidak perlu “bekerja keras” memeluk kamus, hanya sekedar untuk mencari info terbaru seputar blogger di blognya Amanda Fazani.

Selama ini Google Translate belum menyediakan versi Bahasa Indonesia, padahal bahasa lain seperti Prancis, Arab, Cina dll sudah ada duluan. Munculnya versi Bahasa Indonesia juga diikuti dengan berbagai perbaikan teknologi Google Translate seperti fitur "usulan perbaikan" dimana anda bisa mengusulkan perbaikan hasil terjemahan serta juga widget "Translate Web" yang bisa langsung diletakkan di halaman web manapun (seperti yang ada di blog saya ini).

Saya sungguh bahagia karena layanan ini saya yakini 100% akan mampu membuat keterlibatan bangsa Indonesia dalam kancah ilmu pengetahuan dunia akan semakin berkembang dengan sangat pesat. Kelemahan utama bangsa Indonesia selama ini adalah pada kemampuan yang sangat minim dalam penguasaan bahasa pengantar utama dunia. Terima kasih pada kemajuan teknologi informasi. Dengan adanya teknologi semacam ini paling tidak ada dua hal yang akan langsung bisa dirasakan manfaatnya. Satu, informasi bangsa kita dalam Bahasa Indonesia akan dengan mudah dibaca dan dimengerti oleh bangsa lain di dunia. Kedua, milyaran (bahkan triliunan) halaman web berbahasa non-Indonesia akan bisa diakses oleh bangsa Indonesia tanpa harus menguasai bahasanya terlebih dahulu. Luar biasa...!

Sebagian besar dari posting ini saya ambil dari seorang teman, yang (menurut saya tidak sebenar keadaannya seperti saya) mengungkapkan hal yang sama.